Selasa, 09 September 2014

CANDI PRAMBANAN



Konon, tersebutlah seorang raja yang bernama prabu baka. Ia bertahta di Prambanan. Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaan nya. Meskipun demikian, kalu sudah takdir kalah perang dengan Raja Pengging. Prabu Baka meninggal di medan perang. Kemenangan Raja Pengging disebabkan oleh bantuan orang sakti yang kerap disebut Bondowoso, karena Bandowoso mempunyai senjata sakti yang bernama Bandung, ia sering disebut Bandung Bonowoso. Dengan perstujuan Raja, Bandung Bonowoso menempati istana Prambanan.



                Di kerajaan, Bandung Bonowoso terpesona oleh kecantikan Roro Jonggrang, bagaimana pun juga Bandung Bonowoso sngat ingin memoeristri Roro Jonggrang. Roro Jonggrang takut untuk menolak pinangan itu.  Namun demikian, beliau tidak menerima begitu juga cinta dari Bondowoso. Dia mau menerima cinta Bandung Bonowoso jika syarat syarat nya di penuhi. Syarat nya adalah, beliau ingin dibuatkan seribu candi dan dua sumur yang dalam, semua itu harus diselesaikan dalam waktu semalam. Bandung Bonowoso pun menanggupi nya, meskipun ia agak sedikit keberatan. Dia pun meminta bantuan ayah nya, ayah nya seorang sakti yang mempunyai bala tentara roh halus.



                Pada hari yang ditentukan, bandung Bonowoso beserta pengikut dan roh roh halus mulai membangun candi yang besar jumlah nya. Sangat mengherankan cara dan kecepatan mereka bekerja. Sudah puku empat pagi hanya tinggal lima candi yang harus disiapkan. Disamping itu sumur nya pun sudah hampir selesai dikerjakan. apa yang harus diperbuat? Segera gadis-gadis dibangunkan dan disuruh menumbuk padi di lesung serta menaburkan bunga yang harum baunya. mendengar bunyi lesung dan mencium bau bunga bunga yang harum, roh roh halus menghentikan pekerjaan nya karena mereka kira hari sudah siang.

pembuatan candi kurang satu, tetapi apa hendak dikata, roh halus berhenti mengrjakan tugasnya dan tanpa bantuan mereka tidak mungkin Bandung Banowoso mengetahui usaha  nya gagal, bukan main marahnya. dia mengutuk para gadis di prambanan , tidak ada yang mau memperistri mereka sampai menjadi perawan tua. sedangkan roro jonggrang sendiri dikutuk menjadi arca.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar